MaharMahar.com – Mitos Dalam Pernikahan Adat Jawa. Suku Jawa terkenal sebagai masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat dan tradisi leluhur. Zaman boleh berubah, namun kepercayaan terhadap ajaran – ajaran tradisi lama masih melekat erat dan tetap bertahan hingga saat ini. Orang Jawa kebanyakan masih percaya bahwa memegang teguh adat istiadat dan tradisi budaya leluhur adalah sebuah keharusan atau kewajiban yang tetap harus dipercaya. Mereka masih percaya jika akan terjadi hal – hal buruk jika adat istiadat tersebut dilanggar.

Mitos Pernikahan Adat Jawa

Ada begitu banyak mitos yang masih berjalan saat ini dan dari sekian banyak mitos yang dimiliki, ada sebuah mitos atau kepercayaan unik soal pernikahan. Mitos tentang pernikahan ini sendiri ada begitu banyak, namun kali ini akan dibahas hanya satu saja.

Ada satu mitos yang dikenal dengan istilah lusan, telu & pisan (ketiga dan pertama), dimana mitos ini mengandung arti bahwa anak pertama tidak boleh menikah dengan anak ketiga. Menurut para sesepuh, barang siapa melanggar mitos pernikahan adat Jawa ini dengan sengaja ataupun tanpa disengaja, maka bersiap siap menghadapi kemungkinan hal – hal buruk akan terjadi, mulai dari kesialan sampai hal – hal buruk lainnya.

mitos-pernikahan-paling-dilarang-dalam-adat-jawa
pernikahan adat Jawa (img Source)

Apa saja sih hal – hal buruk yang mungkin terjadi jika mitos ini dilanggar? Berikut beberapa penjabaran nya

Konflik Karakter Anak Pertama dan Ketiga

Mitos Pernikahan Adat Jawa (img Source)

DIlihat dari sisi Psokologis, anak pertama akan cenderung lebih merasa dewasa, merasa lebih bisa mengatur dan biasa menjadi patokan. Sedangkan anak ketiga biasanya lebih bersikap manja, susah diatur, suka semaunya sendiri. Dari kedua sifat kharakter tersebut terlihat yang satu mengatur dan yang lainnya susah diatur sehingga jika hidup bersama akan lebih sering terjadi pertengkaran – pertengkaran dalam rumah tangga. Pertengkaran dalam rumah tangga memang biasa terjadi, namun setidaknya bisa diminimalisir.

Selalu Bermasalah Dalam Rumah Tangga

Sering terjadi pertengkaran (img Source)

Pertengkaran akan sering terjadi pada pasangan pernikahan anak pertama dengan anak ketiga, dan itu akan membuat pening kepala. Hilang satu masalah, akan muncul masalah lain dan bisa jadi dalam satu waktu akan mengalami banyak masalah secara bersamaan. Gimana rasanya jika setiap hari terjadi pertengkaran dalam rumah tangga, gak bisa di bayangkan.

Kesulitan dalam Perekonomian

mitos-pernikahan-anak-pertama-dan-anak-ketiga-sulit-ekonomi
Kesulitan dalam perekonomian (img Source)

Kesialan lain yang akan menimpa pasangan ini adalah sulitnya dalam mencari nafkah, jauh dari rezeki, dan selalu gagal dalam tiap usaha. Hidupnya akan di penuhi dengan penderitaan, sulit mencari uang untuk nafkah keluarga.

Kematian Salah Satu Pasangan atau Keluarganya

Ziarah Kubur (img Source)

Ancaman yang paling buruk bagi yang melanggar mitos ini adalah salah satu mempelai atau ayah dan ibu dari keduanya akan meninggal. Ini mitos yang paling buruk dan membuat pasangan yang hendak menikah berpikir seribu kali. Mereka tentunya tidak akan mengambil keputusan menikah jika nantinya setelah menikah salah satu dari mereka atau orang tua mereka meninggal.

Itulah beberapa kesialan atau atau hal buruk yang akan terjadi jika memaksakan pernikahan antar anak pertama dengan anak ketiga dalam mitos pernikahan adat Jawa. Namun itu hanyalah mitos tidak sepenuhnya dapat dipercaya, namun apabila masih mempercayai mitos tersebut juga silahkan, semua kembali kepada pribadi masing – masing dan percayalah segala takdir yang kita jalani semua sudah di tentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Mitos Pernikahan Adat Jawa

Itu sekelumit tentang mitos yang ada di dalam adat Jawa khususnya dalam pernikahan Jawa, dan masih banyak mitos – mitos lain yang bisa terdapat dalam adat Jawa, dan mitos mitos seperti ini tidak hanya terdapat dalam adat Jawa saja

So, apa kamu percaya mitosnya?

Artikel Lainnya:

Share:

Bagikan via Whatsapp
Pesan Via WhatsApp disini

Untuk pemesanan, bisa langsung chat disini via WhatsApp, klik Nomor kami yang online :)

Customer Service

Admin

Online

Admin

Hi kak, sudah memilih produk atau jasa yang di cari? Silahkan langsung chat kami untuk proses pemesanannya ya :) 00.00